Cerita Singkat Tentang Siti Khadijah Istri Nabi Muhammad

Cerita Singkat Tentang Siti Khadijah Istri Nabi Muhammad SAW - Jika wanita pada zaman sekarang mau membaca Kisah kehidupan Khadijah Ummul-Mu'minin, maka kita akan mendapatkan banyak sekali teladan dalam bersikap, bertutur-kata, berpakaian, dan berakhlaq di dalam kehidupan ini.

Beliau adalah istri pertama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, khadijah menjadi penenang pada saat paling sulit dalam hidup Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Ia yang selalu memberikan cinta dan kasih sayang kepada Rasulullah dalam kondisi apapun.

Khadijah Binti Khuwailid merupakan seorang pebisnis yang sukses. Ia sangat cerdas dan mulia sikap-perilakunya, ia juga memiliki ketabahan dan keteguhan hati yang luar biasa - sesuatu yang membuatnya kuat menghadapi semua rintangan dan kesulitan tanpa mengeluh sedikitpun.

Ia tidak pernah mundur sedikitpun, seluruh hidup, tenaga dan hartanya telah ia persembahkan untuk perjuangan dakwah Rasulullah sebagai jalan menuju tegaknya agama Islam.

Sejarah Singkat Suami Siti Khadijah

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tidak pernah menikah dengan perempuan lain pada masa hidup Khadijah. Allah pun menyampaikan salam-Nya untuk Khadijah sebagai bentuk penghormatan.

Itu menunjukkan kecerdasan dan kesucian Khadijah. Ia mengagungan Allah dan berdoa kepada-Nya agar dianugrahkan kedamaian dan keselamatan.

Ayah Khadijah adalah Khuwailid bin Asad dan kakeknya yang keempat silsilah nasab nya bertemu dengan nasab Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Ibu Khadijah bernama Fatimah binti Zaidah, nenek Khadijah dari pihak ibu adalah  Halah binti Abdi Manaf. Dimana Abdi Manaf ini adalah kakek ketiga dari silsilah nasab Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Jadi dari jalur silsilah nasab baik Khadijah dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memiliki hubungan kekerabatan yang dekat.

Ayah Khadijah, Khuwailid bin Asad  dikenal sebagai seorang lelaki yang terhormat, kaya, jujur, cerdas berakhlaq mulia dan terpercaya.

Khadijah juga memiliki saudara sepupu yang bernama Waraqah ibnu Naufal ibnu Asad, ia adalah salah satu dari empat orang Arab yang menolak penyembahan berhala yang dilakukan kaum Quraisy.

Setelah pencarian sekian lama, Waraqah akhirnya memluk agama Nasrani dan mempelajarinya. Ia kemudian dikenal menjadi salah satu dari sedikit sekali orang yang paling mengetahui ajaran Nasrani di zamannya.

Melihat silsilah keluarga Khadijah diatas, menunjukkan bahwa Khadijah merupakan bagian dari keluarga yang memiliki garis keturunan yang terhormat di suku Quraisy, keluarganya dikenal memiliki akhlaq yang mulia dan nilai-nilai agama yang  jauh dari perbuatan mengumbar nafsu.

Siti Khadijah lahir lima belas tahun sebelum Rasulullah. Di usianya yang masih belia Khadijah adalah sosok seorang gadis yang cantik dan berperilaku baik.

Suami pertama Sayyidatina Khadijah adalah Abu Hal ah an-Nabbasy ibnu Zurarah at-Taymi, pernikahan ini berakhir saat Abu Halah wafat meninggalkan dua orang anak laki-laki bernama Hindun dan Halah.

Suami Kedua Khadijah adalah Athiq ibnu Aid  al-Makhzumi.Dan dikaruniai seorang anak perempuan yang juga diberi nama Hindun.

Dari suami pertama Khadijah Abu Halah, kedua anak Khadijah yaitu Hindun dan Halah.

Hindun pernah diasuh oleh Rasulullah, ia adalah anak tiri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, saudara tiri Fatimah. Kenyataan ini menjadikannya sangat bangga.

Pada masa jahiliah, Khadijah diberi gelar Ath-Thahirah yaitu "wanita yang suci".

Setelah dua kali pernikahannya, banyak lelaki yang meminangnya dengan tawaran sejumlah besar harta untuk maskawin.

Akan tetapi Khadijah menolak semua pinangan tersebut, perhatiannya kini difokuskan untuk mengasuh anak dan mengelola perdagangan.

Perdagangan Khadijah sangat diperhitungkan di masanya. Hampir semua Kafilah yang berdagang menuju syam memuat barang dagangannya dalam jumlah besar.

Khadijah memperkerjakan orang Quraisy yang jujur, terpercaya dan memiliki integritas untuk mengawasi barang-barang daganganya.

Inilah Cerita Singkat Tentang Siti Khadijah Istri Nabi Muhammad SAW sebelum menikah dengan Rasulullah, hingga nanti tiba saatnya Wanita Suci ini Khadijah akan menikah dengan Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Wallahu alam bissawab…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita Singkat Tentang Siti Khadijah Istri Nabi Muhammad"

Post a Comment

Silahkan tulis komentar/pertanyaan kalian disini!